Senin, Agustus 13, 2012

Perubahan Organisasi



Terjadi perubahan besar - besaran di dunia bisnis dari sektor komputer sampai jasa keuangan, dari sektor telekomunikasi sampai layanan kesehatan.

Saat ini banyak organisasi sepakat bahwa kehidupan berorganisasi semakin menjadi tidak pasti, seiring dengan langkah perusahaan yang makin terpacu dan masa depan menjadi makin sulit diprediksi. Namun demikian semua sepakat perubahan semakin cepat terjadi.

Dunia bisnis sedang dan akan terus mengalami perubahan yang makin cepat, walau arah perubahan tidak mudah diprediksi. Al hasil para manager dan pembuat keputusan perlu lebih memahami kemana angin perusahaan bertiup, karena setiap waktu dapat menentukan hidup matinya perusahaan.

Dengan kata lain mereka mesti harus mampu menganalisa factor-faktor pemicu perubahan organisasi.
Faktor yang menyebabkan terjadinya perubahan organisasi ada 2. Dari dalam dan dari luar, internal / external. Faktor internal biasanya disebabkan oleh pengelola organisasi. Karena adanya perubahan dari luar, maka organisasi tersebut harus bisa mengimbangi dengan yang dari luar. Sedangkan yang dari luar / external bisa dari lingkungan.

Pemicu Perubahan dari Lingkungan antara lain : Unsur – unsur lingkungan perusahaan, Pasar yang dilayani perusahaan ( klien atau konsumen ), Pemasok, Lembaga Pemerintah dan Parlemen, Asosiasi niaga, Pesaing, Lembaga keuangan, Pemasok tenaga kerja, Tingkat pengangguran, Kondisi perekonomian, Kemajuan teknologi, Perkembangan system komputer dan informasi, Perkembangan e-commerce dan penggunaan internet.

Lingkungan sebuah perusahaan juga mencakup faktor-faktor pengaruh yang lebih luas lagi seperti: Globalisasi, Reformasi politik, Serikat pekerja, Perubahan status perusahaan dari milik negara menjadi swasta atau sebaliknya, Perubahan demografis dan struktur keluarga.

Dampaknya sendiri bisa dirasakan oleh oraganisasi itu atau yang berdekatan dengan organisasi tersebut. Misalnya sekelompok preman pasar mendirikan organisasi mereka sendiri. Lalu harga pasar menaik, dan para pedagang pasar susah mencari laba. Para preman dapat uang dari para penjual itu, namun karena para penjual tak mempunyai cukup uang maka dampaknya juga akan terkena pada para preman pasar yang hanya bisa malak saja.

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com