Senin, Agustus 13, 2012

Organisasi dan manajemen


Pengertian organisasi & Manajemen

          Organisasi adalah kumpulan dari sekelompok orang yang mempunyai bakat yang berbeda, namun mereka semua berkumpul untuk mencapai satu tujuan yang sama. Tujuan itu dijadikan target utama dari berdirinya sebuah organisasi. Karena manusia makhluk sosial, jika mereka ingin memncapai sebuah tujuan yang besar tidak mungkin dilakukan sendiri, maka mereka mempunyai ide dengan merekrut beberapa orang dan membentuk suatu partai yang sudah mempunyai beberapa aunggota dan mereka berupaya mewujudkan tujuannya tersebut dengan bekerja sama untuk mencapai tujuan tersebut. Maka terbentuklah suatu organisasi.

          Manajemen  diambil dari kata bahasa inggris manage yang artinya mengatur / menyusun. Alam suatu organisasi, bila sudah dibentuk maka organisasi itu akan memulai untuk mencapai tujuannya. Tapi tidak dengan sembarang tindakan mereka dapat mencapai tujuan tersebut. Harus ada perencanaan terlabih dahulu agar tidak berantakan. Maka dibutuhkan manajemen yang baik dan terstruktur rapih agar semuanya berjalan lancar dan tujuan dari organisasi itupun dapat dicapai. Jadi manajemen adalah sebuah proses yang dilakukan untuk mewujudkan tujuan organisasi melalui rangkaian kegiatan berupa perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian orang – orang serta sumber daya oraganisasi lainnya.

          Fungsi manajemen menurut beberapa tokoh

Ada banyak fungsi manajemen. Yaitu :
Planning
Planning  adalah suatu kegiatan membuat tujuan perusahaan dan diikuti dengan membuat berbagai rencana untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan tersebut.

Organizing
Organizing adalah suatu kegiatan pengaturan pada sumber daya manusia dan sumberdaya fisik lain yang dimiliki perusahaan untuk menjalankan rencana yang telah ditetapkan serta menggapai tujuan perusahaan.

Leading
Pekerjaan leading meliputi lima kegiatan yaitu :
• Mengambil keputusan
• Mengadakan komunikasi agar ada saling pengertian antara manajer dan bawahan.
• Memberi semangat, inspirasi, dan dorongan kepada bawahan supaya mereka bertindak.
Memeilih orang-orang yang menjadi anggota kelompoknya, serta memperbaiki pengetahuan dan sikap-sikap bawahan agar mereka terampil dalam usaha mencapai tujuan yang ditetapkan.

Directing/Commanding
Directing atau Commanding adalah fungsi manajemen yang berhubungan dengan usaha memberi bimbingan, saran, perintah-perintah atau instruksi kepada bawahan dalam melaksanakan tugas masing-masing, agar tugas dapat dilaksanakan dengan baik dan benar-benar tertuju pada tujuan yang telah ditetapkan semula.

Controling
Controling adalah suatu aktivitas menilai kinerja berdasarkan standar yang telah dibuat untuk kemudian dibuat perubahan atau perbaikan jika diperlukan.

Motivating
Motivating atau pemotivasian kegiatan merupakan salah satu fungsi manajemen berupa pemberian inspirasi, semangat dan dorongan kepada bawahan, agar bawahan melakukan kegiatan secara suka rela sesuai apa yang diinginkan oleh atasan.

Coordinating
Coordinating atau pengkoordinasian merupakan salah satu fungsi manajemen untuk melakukan berbagai kegiatan agar tidak terjadi kekacauan, percekcokan, kekosongan kegiatan, dengan jalan menghubungkan, menyatukan dan menyelaraskan pekerjaan bawahan sehingga terdapat kerja sama yang terarahdalam upaya mencapai tujuan organisasi.

Reporting
Adalah salah satu fungsi manajemen berupa penyampaian perkembangan atau hasil kegiatan atau pemberian keterangan mengenai segala hal yang bertalian dengan tugas dan fungsi-fungsi kepada pejabat yang lebih tinggi.

Staffing
Staffing merupakan salah satu fungsi manajemen berupa penyusunan personalia pada suatu organisasi sejak dari merekrut tenaga kerja, pengembangannya sampai dengan usaha agar setiap tenaga memberi daya guna maksimal kepada organisasi.

Forecasting
Forecasting adalah meramalkan, memproyrksikan, atau mengadakan taksiran terhadap berbagai kemungkinan yang akan terjadi sebelum suatu rancana yang lebih pasti dapat dilakukan.

Namun menurut beberapa tokoh urutannya berbeda – beda dan juga ada yang menambahkan elemen fungsi manajemen.

  • Menurut Henry Fayol : planning, organizing, commanding, coordinating, controling.
  • Menurut Luther Gullick : planning, organizing, staffing, directing, coordinating, reporting, budgeting
  • Menurut George Terry : planning, organizing, actuating, controling
  • Menurut Ernest Dale : Planning, Organizing, Staffing, Directing, Innovating, Representing dan Controlling.
    
    Bagan struktur organisasi
Berikut adalah contoh yang dulu biasa kita lihat disekolah. Ini adalah bagan struktur sekolah, mulai dari kepala sekolah

* Materi ini sebagian diambil dari beberapa sumber yang ditemukan oleh google

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com