Senin, Agustus 13, 2012

Pasar Monopoli


Pendahuluan
Kita semua tau bahwa ada banyak pasar di dunia, pasar monopoli adalah salah satu bentuk pasar yang mempunyai kinerja sendiri. Monopoli disini bukanlah permainan anak – anak yang sering dimainkan dengan menggunakan pion, dadu, maupun uang mainan. Tetapi monopoli ini adalah sistem operasi dari pasar yang struktur organisasinya berbeda. Untuk mengetahui lebih jelas maka saya akan membahas apa itu pasar monopoli.
Teori
Pasar monopoly, berasal dari kata mono yang berarti tunggal atau satu. Karena satu maka mereka bekerja sendiri. Jadi pasar monopoly itu adalah kondisi pasar dimana hanya ada satu pelaku bisnis atau perusahaan yang menjual produk atau komoditas tertentu. Karna mereka mempunyai bisnis sendiri dan mengelolanya sendiri, maka adahambatan bagi perusahaan atau pelaku bisnis untuk masuk ke dalam bisnis tersebut. Ada hambatan bagi perusahaan baru untuk masuk pasar tersebut.
Perusahaan berperan penting dalam menentukan harga produk dipasar. Jadi ada campur tangan pemerintah dalam menentukan harga pasar. Pasar monopoly dibagi menjadi dua macam, yaitu alamiah dan artifisial. Monopoly alamiah adalah monopoli yang lahir secara wajar dan alami karena suatu perusahaan mempunyai keunggulan tertentu sehingga tidak bisa ditandingi oleh perusahaan lain. Sedangkan monopoli artifisial merupakan monopoli yang lahir karena adanya kolusi politis dan ekonomi antara penguasa dengan pelaku bisnis tertentu demi melindungi kepentingan pelaku bisnis tersebut
Pembahasan
Sangatlah sedikit yang saya ketahui tentang pasar monopoli. Kebanyakan fakta mengenai pasar monopoli adalah ia hanya mempunyai satu pelaku dalam bisnis ini, Walaupun di pasar monopoli penjual tidak memiliki saingan, belum tentu ia dapat memperoleh keuntungan yang besar, hal ini mungkin saja terjadi bila biaya produksi berada di atas harga pasar.

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com